Pengamat Sosial : Anarkisme Tanda Rakyat Kecil Tertekan

Fenomena kekerasan terhadap aparat ketertiban dan keamanan selama ini merupakan bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan dan ketidakpercayaan terhadap penegakan hukum yang dilakukan oleh Negara.

Hal ini dipaparkan seorang pengamat sosial, Rahmat Kurnia, Kepada RRI, Jumat (17/6).  Menurut Rahmat, kasus umum yang biasa terjadi ketika muncul perlawanan karena  beberapa tindakan penggusuran tidak disertai pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini terkesan tidak ada upaya kompromi dan toleransi yang ditunjukkan oleh aparatur negara.

Selain itu, penyebab lain munculnya aksi kekerasan disebabkan  karena adanya faktor kesenjangan sosial dan ekonomi yang cukup mencolok di masyarakat.

“Berbicara kesenjangan ini menyangkut masalah perut. Orang kalau berbicara perut pasti akan lupa segalanya karena ini termasuk ke dalam kebutuhan pokok. Ini menyangkut masalah hidup, kalau sudah menyangkut masalah perut tidak ada seorangpun yang bisa menghalangi,” jelas Rahmat.

Parahnya lagi, lanjut Rahmat, seringkali ketika masyarakat bawah menuntut keadilan di meja hijau, mereka tidak mendapatkan rasa keadilan yang cukup.  Hal ini dikarenakan  proses-proses pengadilan tidak lagi berorientasi kepada kebenaran namun  lebih berpihak  kepada pemilik modal besar atau kalangan konglomerat.

“Apalagi kalau digabung, kesenjangan ditambah ketidakadilan. Ketika menuntut keadilan, tidak ada rasa keadilan karena pengadilannya tidak berpihak lagi kepada kebenaran tetapi berpihak kepada uang,” jelasnya.

Akibatnya, ketika orang merasa di bawah tekanan, satu-satunya cara untuk membela diri ialah melalui aksi kekerasan. Ia juga tidak menampik bahwa aksi kekerasan dapat dipicu oleh sifat atau karakter asli seseorang. Namun, tandasnya, kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat bawah pada umumnya adalah suatu bentuk  perlawan terhadap ketidakadilan dan oleh ketimpangan-ketimpangan yang  menyangkut  hak dan kebutuhan dasar. (Lj-Nata)

~ by Christof Nata on June 17, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: