Tangkap Nunun Rame-Rame Perlu Koordinasi

KBRN, Jakarta : Satgas Mafia Hukum, Denny Indrayana, menyatakan, aksi perburuan dan penangkapan Nunun Nurbaeti merupakan kewenangan penuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun demikian, tambahnya, tidak menutup kemungkinan bantuan institusi lain untuk melakukan pencarian dan perburuan selama ada koordinasi dan komunikasi secara berencana.

Hal itu dituturkan Denny dalam kesempatan dialog bersama Pro3 RRI, Rabu (15/06) terkait kemungkinan aksi Satgas dalam pencarian dan penangkapan istri Adang Dorodjatun tersebut.  “Kasus ini dari awal tanggung jawab KPK, jadi kalau Satgas mau menangkap ya harus dikoordinasikan dengan KPK,” ujar Denny.

Namun untuk menjaga kerahasiaan Denny tidak dapat mencontohkan lebih jauh mengenai koordinasi yang dilakukan antara pihak-pihak terkait yang mempunyai tujuan yang sama.

“Karena ini rahasia, apabila dalam konteks mencari orang yang melarikan diri, kalau dibocorkan ya tidak efektif, karena buronanya akan lari terus,” jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Ketut Untung Yoga Ana juga menekankan perlunya koordinasi dan komunikasi semua pihak dalam upaya penangkapan dan ekstradisi. Pernyataan ini disampaikan Kombes Untung Yoga  terkait penerbitan repnotis (surat penangkapan) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru-baru ini.

“Inikan koordinasi, unsur formalitasnya jadi tetap semua koodinasi, tetapi kalau koordiansi saja tanpa surat resmi ya tidak bisa”, jelasnya.

Menurutnya, repnotis dikeluarkan untuk mempermudah mekanisme dan prosedur penangkapan buronan yang berada di negara lain.  “Nunun masuk ke situs Interpol, akan ada mekanisme untuk identifikasi dan pencarian tentang kejahatan korupsi bisa diterapkan prosedur yang berlaku di Interpol,” jelasnya. (Nata)

~ by Christof Nata on June 15, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: