Anggota Komisi IX : Jamkesmas Tidak Untuk Biayai Operasi Payudara

Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) bagi penghuni rumah tahanan (Rutan) dan Lembaga pemasyarakatan (Lapas) tidak mendukung bagi pembiayaan operasi kosmetik.

Hal tersebut dituturkan salah seorang anggota komisi IX DPR dari fraksi PKS, Lidya Hanifa Amalia dalam dialog bersama Pro3 RRI, Jumat (10/06) menanggapi rencana pembiayaan pengobatan tersangka penipuan Melindaa Dee seperti yang dikemukakan Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Lidya juga menambahkan, Jamkesmas merupakan pelayananan kesehatan dasar bagi tahanan kurang mampu dan tidak mendukung biaya pengobatan akibat dari sebuah operasi atau bedah kosmetik.

“Alokasi dana Jamkesmas selain untuk masyarakat miskin, juga termasuk untuk yang terkena bencana alam, di jalanan dan mereka di tahanan. Dugaan saya, mungkin itu berfikirnya sangat sempit, bahwa untuk tahanan harus ditanggung negara dan seterusnya. Ya, landasan berfikirnya saya tidak tahu. Tetapi kalau kita lihat dengan apa yang sudah dilakukan, Jamkesmas sendiri tidak mengcover bedah plastik. Jadi seharusnya ini tidak dicover Jamkesmas. Disamping karena kasusnya, juga karena penyebab penyakit itu. Jamkesmas adalah pelayanan kesehatan dasar, kecuali yang rujukan dengan kondisinya gawat darurat”, terangnya.

Secara pribadi Lidya tidak sependapat dengan rencana pembiayaan pengobatan bagi Malindaa Dee tersebut. Ia beranggapan, penggunaan Jamkesmas diprioritaskan bagi masyarakat miskin yang kondisi kesehatannya sangat rentan.

“Jamkesmasnya saja alokasinya sudah tidak tepat. Sementara bagi masyarakat miskin sendiri untuk mendapat pelayanan rujukan sangat sulit, karena ada prosedur yang dipenuhi. Alokasi dana jamkesmas masih untuk 76,4 juta penduduk yang kategorinya rentan miskin dengan kondisi kesehatan mereka, itupun sebenarnya masih kurang, karenannya memang seharusnya prioritas yg lebih penting adalah yangg memang lebih berhak” terangnya. (Nata-RRI)

~ by Christof Nata on June 10, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: