Bupati Karanganyar : Hormat Bendera Wujud Penghormatan Bukan Penyembahan

SD Islam Sains dan Teknologi (SD-IST) Al Albani di Kecamatan Matesih bersedia  menggelar upacara bendera pada hari Senin. Sekolah Dasar berbasis agama ini juga mulai membuka diri dan mempersilahkan  Bupati Karanganyar menjadi inspektur saat upacara bendera mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Karanganyar, Rina Iriani kepada RRI (08/06), mengaku lega dengan keputusan yang diambil sekolah tersebut. Ia juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang besar terhadap kebijakan sekolah tersebut.

“Mulai kemarin kita ada pendekatan, kebetulan kita ada pendekatan sebanyak sepuluh kali. Alhamdulilah Kepala Sekolah dan guru-gurunya sudah mulai dan minta supaya diberikan pembinaan seperti diajarkan bagaimana tata upacara, hormat bendera, Pancasila dan sebagainya. Saya saat ini merasa lega dan mengucapkan banyak terimakasih juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh yayasan dan juga kepala sekolah, guru, siswa-siswi dan mungkin orang tua wali murid SD Al-Bani di Karanganyar bahwa mereka sudah menyatakan untuk hormat bendera dan sesuai dengan ketentuan NKRI”, tuturnya.

Namun, ia menekankan kepada semua sekolah di Karanganyar untuk tetap melaksanakan upacara bendera sebagai wujud pengakuan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai ideologi negara. Selain itu ia juga mengajak semua pihak untuk memahami bahwa penghormatan bendera merah putih merupakan  bentuk cinta tanah air dan rasa kebangsaan, bukannya sebagai tindakan penyembahan. Rina juga menghimbau agar nilai Pancasila tetap dimengerti, dihapalkan dan diamalkan dalam kegiatan pendidikan di sekolah.

“Mereka menunggu saya memimpin sendiri hari upacara Senin depan, yang terpenting bukan ada saya atau tidak,  yang  terpenting mengakui NKRI sebagai harga mati dan bendera merah putih itu  dihomati, Pancasila selain dimengerti, dihapalkan, juga diamalkan”, tegasnya. (Nata/KBRN)

~ by Christof Nata on June 8, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: