Mantan Mendiknas : Pamor SMK Saat ini Sangat Tinggi

Mantan Menteri Pendidikan, Prof. Dr. wardiman Joyonegoro menilai, paradigma terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terbentuk di masyarakat Indonesia telah mengalami banyak pergeseran hingga saat ini.

Hal tersebut dituturkan Wardiman Joyonegoro dalam dialog bersama Pro3 RRI Selasa (31/5) mengenai peran SMK di sektor industri dan dunia usaha.

“Bicara SMK sudah ada perubahana paradigma. Waktu saya menjabat,  SMK menjadi pilihan ketiga setelah SMU. Saya pikir, kita harus link dan match adanya hubungan antara dunia pendidikan dan dudi (dunia usaha dan industri-red) agar pamor SMK semakin naik,” tuturnya.

Tak hanya itu, ia juga menilai kompetensi SMK saat ini mulai mangalami peningkatan. Hal ini dikarenakan, kompetensi dan kurikulum pendidikan di Sekolah Kejuruan sesuai dengan kebutuhan di dunia usaha dan industri di era sekarang.

“Tapi sekarang, dengan perlunya dunia usaha tenaga kerja yang langsung siap kerja, maka anak-anak sekolah sudah  tahu, kalau cepat kerja lebih baik masuk SMK. Karena pertama, kompetensinya disesuaikan denhgan kompetensi dunia industri dan usaha. Kedua, dunia usaha tahu, lebih mudah mencari lulusan SMK daripada lulusan SMU. sehingga citranya saat ini naik. Kalau dulu, citra orang pokoknya orang ingin jadi sarjana. SMK mungkin bukan pilihan mereka. Tapi banyak juga SMU yang tidak bisa menampung murid, sehingga murid-murid itu masuk di SMK tapi sebenarnya mau menjadi mahasiswa,” jelasnya.

Senada dengan Wardiman Joyonegoro, Kepala Sub Direktorat Pembelajaran SMK, Dr. Ir. Agung Budi Santoso kepada RRI menuturkan, untuk menjawab tantangan dunia usaha masa kini, pihaknya mengarahkan lulusan SMK yang cerdas, kompetitif, dan sesuai  dengan jati diri bangsa.     “Tentunya yang kita harapkan adanya link and match dan didekatkan dengan industrinya dan anak-anak sekolah dibekali dengan skill yang mencukupi. Setiap tahun, dianggarkan perlengkapan kebutuhan sekolah baik fisik maupun non fisik,” ujar Agung.     (Nata/AKS)

~ by Christof Nata on May 31, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: