Arbi Sanit : UU Keistimewaan DIY, Ujian Pertama Kontrak Koalisi

Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Otonomi Daerah Istimewa Yogyakarta oleh DPR akan menjadi ujian pertama bagi kontrak koalisi yang ditandatangi Sabtu (21/05) lalu.

Prediksi ini dituturkan pengamat politik dari Univesitas indonseia, Arbi Sanit dalam dialog bersama PRO3 RRI Kamis (26/05) sore.Menurutnya, apabila terjadi perdebatan mengenai pengambilan keputusan oleh sesama mitra koalisi, akan terlihat jelas pihak-pihak yang menjalankan kesepakatan koalisi dengan sungguh-sungguh atau justru malah mengkhianatinya.

“Undang-undang Jogja kontroversial, kebanyakan fraksi di DPR setuju Sultan diangkat (menjadi Gubernur-red) sedangkan pemerintah terutama Partai Demokrat malah mau pemilu. saya kira ini akan jadi ruang pertama kali kontrak koalisi ini akan diuji”, tuturnya.

Menurutnya, dalam pembuatan kebijakan antar anggota koalisi, di awal boleh terjadi perdebatan namun pada akhirnya nanti tidak ada pendapat yang berlawanan. Untuk itu ia menganjurkan penerapan voting untuk mengambil sebuah kebijakan.

“Keputusan dengan musyawarah mufakat. Dari situ diketahui jelas siapa yang setuju dan tidak setuju. Jadi harus voting semuanya, dan kalau bisa voting terbuka. supaya terlihat, dan publik menilai siapa yang berkhianat dan siapa yang jujur”, pungkasnya. (Nata)

~ by Christof Nata on May 29, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: